dalam hati winterwing

dulu sekitar tahun 2008 awal ada majalah hai yang topiknya blog addict. dari majalah itu aku tahu blog walau belum resmi benar. dari situ aku tahu ada blog buat diary online. di blog aku aku bisa menuliskan apapun yang aku mau. diary, cerita, pikiran, perasaan, foto dan lain-lain. aku jadi suka ngeblog.
aku mencari majalah itu untuk dokumentasi dan jejak sejarah dari situlah aku mengenal blog. aku mencarinya di internet sayangnya nggak ketemu. aku cuma bisa menyimpan dalam kenanganku saja.

tanggal 1 januari 2008. sepertinya saat itu senja. langit sedang kelabu. Aku berada di rumah sahabatku Ary Allain. rumahnya di Gogodeso kanigoro Blitar. aku mencetuskan nama winterwing lalu membuat blog dengan nama itu.
winterwing artinya sayap musim dingin. sayap melambangkan impian, perasaan, imajinasi, kehidupan, malaikat dan cinta. musim dingin lambang kehidupan yang sepi, sendiri, dingin sampai hari mati. winterwing, sayap musim dingin artinya harapan, imajinasi, perasaan dan cinta yang berusaha bertahan di kehidupan yang dingin, sepi, sendiri dan keras.
tag line winterwing adalah salju dan pelajar bisu. salju sama seperti musim dingin. pelajar bisu maksudnya seorang pemuda, pelajar yang suka membaca buku, belajar dan menuntut ilmu, tapi sayangnya dia tak bisa bicara dan menyampaikan isi hatinya kepada orang lain. sebenarnya dia tidak bisu. dia bisa berbicara, tapi dia pemalu, introvert, mudah canggung, gugup dan gak bisa berkomunikasi dengan orang lain. dia gak pintar bercanda dengan teman-teman sekelasnya dan sebayanya. dia nggak nyambung dengan mereka. minat antara dia dengan mereka tidak sama. jadi dia menghindar. dia memilih sendiri.
pelajar itu juga menjadi bisu karena dia tak punya teman, sahabat atau pacar. dia tak punya tempat curhat. dia juga tak bisa curhat karena dia laki-laki. laki-laki harus kuat. tak boleh lemah dan emosional. laki-laki harus dingin dan rasional.
pelajar itu kesepian tapi dia tak bisa cari-cari perhatian atau meminta dunia memperhatikan dia sebab dunia sudah sibuk dengan diri mereka sendiri. jadi tak ada tempat untuk bicara. tak ada tempat untuk curhat. tak ada teman, sahabat atau cinta. oleh karena itu dia membisu.
oleh karena tak bisa berbicara, pelajar itu memilih mengungkapkan perasaannya dan pikirannya di buku tulis. buku itu menjadi diarynya. dia mengetikkan diary itu ke dalam situs pribadinya. situs pribadi itu bernama blog winterwing.
winterwing masa itu memakai template kubrick dengan header DX winter screensaver. DX masih ada sayangnya template kubrick nggak ada lagi. kubrick sudah pensiun dari wordpress. contempt yang mirip kubrick juga tak bisa dipakai lagi, padahal aku ingin pakai template itu untuk mengembalikan diriku dan winterwing ke masa itu. karena tidak bisa terpaksa pakai yang ada dan paling mirip, yaitu template big brother ini dengan header dari gambar yang sama.

dulu aku menganggap blog adalah tempat pelarianku. blog adalah tempatku menuliskan pemikiran, perasaan, cerita-cerita, cita-cita dan harapanku. di blog aku bisa merasa tenang sebab aku sudah menyampaikan isi hatiku pada sesuatu yang bisa kupercaya akan menjaga hati dan rahasiaku. sesuatu yang mau mendengarkan apapun yang akan kusampaikan.
dengan blog aku bisa mengamankan diriku melindungi diriku dari perang dunia. bagiku dunia adalah medan perang yang keras dan kejam. di medan perang itu orang-orang saling bertarung, berebut, bersaing dan mencurangi. mereka saling bertarung untuk menjadi yang terkuat, tercerdas, paling kaya, paling terkenal dan berkuasa.
aku nggak bisa seperti itu. aku bukan siapa-siapa. aku nggak punya apa-apa. aku nggak bisa apa-apa. aku nggak punya modal apapun. kalau aku bertarung aku tak mungkin menang. tak ada gunanya aku bertarung di sini. lebih baik aku mengindar.
jadi aku meninggalkan medan perang. aku berlindung masuk gua. gua itu adalah blog, dunia sempit yang sepi dan tenang. di gua itu aku bisa hidup dan menuliskan pengetahuanku. di dalam gua aku menulis ilmu pengetahuan, dunia dan mereka.
saat aku melihat mereka, aku membayangkan mereka sedang berlomba-lomba di jalan raya sejarah dunia menuju impian mereka, cita-cita, dan kesuksesan mereka. sedangkan aku duduk saja di tepi jalan menjadi penonton sambil terus menulis.

suatu ketika di dalam gua itu aku menemukan sebuah terowongan. aku mengikuti terowongan itu samakin panjang semakin lama hingga aku sampai ke ujungnya. di ujung jalan itu cahaya terang bersinar cemerlang.
ternyata cahaya itu memancar dari dunia baru, yaitu dunia TI. di dalamnya ada internet, komputer, programing, hacking, social network, blog, dan lain-lain. di sini ada musik, game, film, meme juga. bahkan ada lebih banyak lagi di sana yang belum diketahui. dunia itu berkilauan dengan ribuan bintang.
yang mudah dari dunia TI adalah dia tidak membutuhkan banyak modal. hanya perlu komputer dan internet kita bisa mendapatkan itu semua. gratis. beda dengan nia nyata yang apa-apa halrus bayar. kita bisa melakukan banyak hal di sana. kita ngeblog, twitteran, fesbukan, download lagu, film, baca berita, main game dan lain-lain. di dunia TI itu yang aku suka tetap ngeblog sebab dia gampang.
hal yang lebih hebat dari dunia TI adalah dunia TI bisa memberikan kehidupan. mau kerja ada bisnis online. mau teman ada social network. mau hiburan ada musik, film, game dan lain-lain. bahkan kalau mau jodoh, ada biro jodoh. tapi ingat ada sisi-sisi negatifnya.
tapi ternyata dunia TI ada perangnya juga. perangnya adalah perang bisnis online, SEO, marketing, iklan dan sebagainya. perang yang aku hindari ternyata ada di sini juga. entah aku bisa atau tidak. tapi bedanya kalau di dunia nyata butuh modal banyak, penampilan yang bagus dan sebagainya di dunia TI tidak. di dunia TI aku bisa menyembunyikan muka dan penampilanku. aku masih malu dilihat orang. jadi aku bertarung secara anonim saja.
aku tak ingin meninggalkan dunia TI ini.aku ingin hidup bersama dia selamanya. sebab dunia TI adalah dunia impianku. dunia TI adalah kehidupanku. di dunia TI aku bisa memiliki banyak hal yang aku inginkan sedangkan di dunia nyata aku tak punya apa-apa. so shy.
i love networld.